Wednesday 1 July 2015

Tips Menabung Yang Ringan ala Ibu Rumah Tangga

Assalamualaykum....

udah pada beli baju lebaran belom? pan lebaran bentar lagi neeh...:)
Hilal THR apa sudah terlihat mendekati bumi? hehehe...
kue kue lebaran apa udah siap nih?

Waaaa....ribet juga ya urusannya kalo udah mendekati Hari Raya.
biasanya pengeluaran melebihi perkiraan. karna bukan ngga mungkin ada aja pengeluaran tak terduga untuk hari raya. contohnya tahun ini.
Libur Hari Raya kali ini bertepatan dengan Tahun ajaran baru anak sekolah. otomatis pengeluaran jadi berbarengan waktunya.
buat saya...ini berat.  tapi saya percaya Tuhan pasti memberi jalan untuk hambanya.
keperluan lebaran dan keperluan anak anak sekolah jadi sama pentingnya.

untungnya... saya ikutan arisan. tujuannya cuma satu. untuk investasi dan bisa dipakai saat saya butuh.
sebagai ibu rumah tangga biasa yang hanya ngandelin gaji suami, mesti pinter2 ngirit buat hal hal yang di anggap penting. jadi mesti bikin Tabungan.
uang THR biasanya buat keperluan hari raya dan tetek bengeknya. kalo ada sisa yaa disimpan, tapi biasanya sih jarang...hahahha.
naah...arisan yang saya ikutin ini ngga cuma 1 doang. dan timing keluarnya itu udah bisa kita tentukan sendiri. enaknya gitu. jadi kita bisa tentuin kapan itu uang akan kita pergunakan. tapiii tergantung... juga sama pengelola arisannya. kalo saya karna udah teman dekat, trus udah ikutan beberapa periode jadinya enak. bisa diatur bareng bareng.kalo kebetulan ngga ada perlu, ya tinggal disimpen di tabungan dong.

Pernah juga saya menabung dalam bentuk emas. tapi saya tuh orangnya jobrah (selebor) jadi sering banget ngilangin perhiasan emas. emang ngga seberapa sih, tapi kalo ilang gitu yaaa nyesek juga.
lagipula, pas kita perlu uang, trus kita jual potongannya lumayan bikin sakit hati...hihi..*peritungan banget sayanyah.
suatu kali punya perhiasan tapi butuh duit. trus sayang buat dijual. akhirnya di sekolahin di pegadaian.
seenak enaknya gadai, dapet duitnya cepet tapi pas mau nebus kaga ada duit.jadilah tuh emas melayang juga...hahahaha.
akhirnya saya ga lagi lagi nabung dalam bentuk emas.

eeh, tapi ga tau ya nanti kalo dapet uang kaget. mungkin juga tertarik nabung dalam bentuk emas batangan *Aamiin...
saya juga pernah punya tabungan yang fasilitasnya ATM, tapi itu sebenernya jadi bikin saya keenakan. tiap butuh trus tinggal cuss ambil. lama lama kosong :P
akhirnya sekarang saya pake Tabungan yang tanpa fasilitas ATM. biar kalo butuh males ngambilnya :D
naah...kemaren anak anak baru aja dapet hadiah dalam bentuk tabungan. Alhamdulilah, celengan mereka jadi pindah ke buku tabungan di bank. ditambah lagi ga ada potongan biaya bulanan. seneng deh jadinya.

dirumah saya juga punya celengan imut, bukan celengan siih...tapi itu aslinya toples tempat bumbu dapur...wkwkwk.
itu uang sisa belanja harian cemplungin aja disitu.emang siih ngga seberapa banyak
tapi lumayan loh...kalo tiba2 gas habis tinggal ambil uang itu, atau tiba2 ada keperluan anak2 yang mendadak disekolah tinggal pake aja uang sisa belanja itu.

yaaaah...intinya, menabung itu perlu banget. bagaimanapun caranya, apapun jenisnya yang jelas kita jadi punya investasi ke depannya,baik untuk jangka pendek atau jangka panjang. paling nggak kita jadi ngga ribet ribet banget kalo ada keperluan mendadak.

yuuuk aah...kita menabung ^_^







11 comments:

  1. Hihiii, iya ya arisan itu khas emak-emak banget. Akku juga ikutan loh mbak, punya arisan di beberapa tempat :D

    ReplyDelete
  2. Saya juga ada nih celengan receh hehehehe....

    ReplyDelete
  3. Wah Mak, diterapin buat anak muda juga okey nih mak tipsnya heheheh

    ReplyDelete
  4. Saya nabungnya tanah Mbak. Soalnya dibanding emas harga tanah ruarr biasa. Makin strategies tempatnya makin gila harganya. Dan yang jelas bedanya sama emas kalau dijual nggak ada potongannya hhehe....terus kalau ada rejeki lebih bisa juga beli rumah trus dikontrakin. Uang sewanya buat bayar cicilannya. Kan lumayan tuh...

    ReplyDelete
  5. Xixixi. Sama banget ama saya. :D Tosss dulu :D

    Nabung tanah juga lumayan nih harganya buat beli :D

    ReplyDelete
  6. your article is this very helpful thanks for sharing...:)

    ReplyDelete
  7. ini sesuai pribahasa nih sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit..

    ReplyDelete
  8. Terimakasih telah berbagi , sangat bermanfaat

    Mau cari alat antrian dan alat survey pelanggan yang lengkap ? ayo kunjungi -> http://katalogalatantrian.blogspot.co.id/
    atau juga bisa hub kami 082150065758 , pin 2a9be37c

    ReplyDelete
  9. Saya pernah baca di sini:

    https://fidusiana.com/tips-menabung-ala-ibu-rumah-tangga/

    Apakah benar bisa seperti itu?

    ReplyDelete
  10. Situs Judi Slot Online Terpercaya yang menyediakan permainan slot online dengan minimum taruhan paling murah

    https://taruhanslot.net/play1628-judi-slot-game-gold-dragon-gampang-menang/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung.......

Have a nice day...^_^